02 September 2009

Mimbar Jumat: Jantung Sehat A la Liverpudlian

Agustus. Bulan penuh berkah kemeriahan. Biasanya di bulan ini, orang ramai bikin hajatan, tujuhbelasan. Lomba-lomba, upacara, dan diakhiri malamnya dengan pesta suka cita menyambut ulang tahun republik.



Di belahan lain bumi ini, bulan Agustus juga merupakan bulan dimulainya tempik sorak penggila sepak bola. Di bulan Agustus inilah, sebagian besar Liga Sepak Bola terkemuka dunia dimulai. EPL di Inggris, La Liga di Spanyol, Seri A di Italia dan BundesLiga di Jerman. Sebuah kegaduhan yang akan berakhir lebih kurang sembilan bulan kemudian. Orang mulai ramai bicara tentang peluang-peluang dan pastinya taruhan. Orang akan melihat apakah trilyunan rupiah yang dikeluarkan untuk belanja pemain akan memberi hasil yang memadai di akhir kompetisi. Tapi yang jelas, hasil-hasil pertandingan di minggu-minggu awal di EPL cukup menjajikan dinamika. Dua kekalahan Liverpool dan kekalahan ManU dari tim promosi Burnsley jelas menjanjikan pacuan perebutan gelar EPL yang menarik. Belum lagi, munculnya 'raksasa baru' Man City, yang kemungkinan akan menggoyahkan tradisi dominasi 'the big four'.

Tentu akan sangat susah memrediksi siapa yang bakal juara EPL musim ini. lalu, bagaimana peluang Liverpool? Kekuatan Liverpool musim ini hampir tidak ada perbedaan dengan tahun sebelumnya, kecuali perginya pemain tengah Xabi Alonso ke Real Madrid. Banyak yang beranggapan bahwa kepergian Xabi Alonso ini berdampak buruk pada kinerja permainan lapangan tengah Liverpool. Bisa jadi begitu, penampilan yang kurang mengesankan pada pertandingan awal seperti ketika dikalahkan Spurs dan Aston Villa mungkin menjadi alasannya. Tapi apapun, sejarah mencatat bahwa kekalahan di fase awal kompetisi bukan akhir dari segalanya. Pernah dilakukan Liverpool sebelumnya di tahun 80-an, awal yang jelek, kekalahan di fase awal ternyata berakhir dengan direbutnya mahkota Liga Inggris. Sebaliknya, penampilan yang apik hampir sepanjang musim di musim terkahir, hanya kalah dua kali dan men-double manU dan Chelsea, ternyata tak menghasilkan gelar apapun.

Jadi, itulah nikmatnya jadi seorang penggemar Liverpool. Kita tunggu dan lihat saja setiap pertandingan, nikmati dan tetap berharap jantung Anda akan terus sehat.....




Gambar diambil dari sini

Tidak ada komentar: