14 Januari 2010

Mimbar Jumat: Renungan Maghrib di FM 90,8 Pontianak

Setiap pulang sore, saya selalu pulang dari tempat kerja setelah maghrib. Usai menunaikan shalat maghrib di musholla kantor, baru meluncur menuju rumah. Dalam perjalanan pulang itu, seringkali saya mendengarkan satu acara di radio. Saya tak paham betul apa judul acara itu, yang jelas setiap hari dalam acara itu diputarkan rekaman ceramah seorang ustadz. Saya sebut saja acara itu sebagai 'renungan maghrib'. Yang menarik, ceramah yang diputar itu-itu saja sampai-sampai setelah seminggu mendengarkan ceramah itu, saya sudah hapal isinya, yang menurut saya cukup menarik dan menggelitik. Inilah kira-kira isi cermah itu...

Bahwasannya, ada resep generik yang cukup ampuh yang dapat digunakan oleh umat manusia dalam menempuh pasang surutnya kehidupan ini hingga dia bisa menghadapi hidup dengan baik. Saya sebut saja resep tersebut dengan 'Resep Lima O'.

O yang pertama adalah 'otot', bahwa kita semua menghadapai hidup harus dengan 'otot' atau kerja keras. Tanpaa kerja keras, kita tak akan pernah bisa mencapai apa yang kita cita-citakan, kata sang ustadz.

O yang kedua adalah 'otak'. Dalam menjalani hdiup dan kehidupan, sudah pasti kita dituntut untuk selalu berpikir, berpikir tentang apa yang menjadi cita-cita kita dan berpikir tentang bagimana upaya menggapai cita-cita itu. Bahkan, Tuhan, secara khusus lewat kitab suciNya meminta orang-orang yang beriman kepadaNya untuk berpikir tentang apa-apa yang mereka persiapkan untuk masa depannya (baca: hari akhir).

O yang ketiga 'ongkos', yaitu sudah barang tentu seseorang memerlukan biaya dalam setiap detik kehidupannya.

O yang keempat adalah 'obat'. Ada saatnya, ketiga 'O' yang pertama tadi tidak cukup dalam menghadapi pahitnya hidup, sehingga sementara orang beralih kepada obta-obatan untuk mencari sedikit ketenangan.

O yang kelima "Oh.. Tuhanku'. Keempat 'O' tadi kadang belum cukup. Untuk itu selalu diperlukan 'O' yang terakhir, yaitu doa dan pasrah kepada Tuhan....


dari 90,8FM Pontianak, ba'da maghrib

Tidak ada komentar: